gayo

  • biogas
  • gayo
  • purnamawan

Ari Gayo Berkreasi

Selasa, 02 Maret 2010

Gaya Hidup Digital

Untuk mencapai produktivitas maksimum, ada satu prinsip penting yang tidak boleh kita lupakan, yaitu prinsip Pareto. Prinsip ini (dikenal juga sebagai prinsip 80-20) mengatakan bahwa 80% hasil diperoleh dari 20% hal. Ya … perbandingannya tidak selalu harus 80-20. Yang penting, ide utamanya adalah bahwa sebagian besar hasil diperoleh dari sebagian kecil hal.

Lalu, apa hubungannya dengan produktivitas maksimum ? Prinsip ini membantu kita mengatur prioritas untuk mendapatkan hasil yang maksimum ! Coba lihat beberapa penerapan prinsip Pareto berikut:

* 20% artikel memberikan 80% manfaat.
* 20% email memberikan 80% informasi.
* 20% buku memberikan 80% pengetahuan.

Apa artinya ? Artinya, berikanlah sebagian besar waktu kita pada 20% artikel, 20% email, dan 20% buku yang paling menghasilkan ! Atau dengan kata lain, berikanlah 80% waktu kita pada 20% hal yang paling menghasilkan. Inilah kunci menuju produktivitas maksimum ! Menaruh waktu kita pada hal-hal yang benar, hal-hal yang memberikan produktivitas paling tinggi.

Masalahnya, banyak orang memberikan waktunya pada hal-hal yang salah. Mereka menaruh waktunya pada hal-hal yang tidak atau kurang produktif. Apa akibatnya ? Hidup mereka menjadi tidak maksimal. Menyedihkan.

Memang, melakukan prinsip ini tidak semudah mengatakannya. Kita harus belajar dulu membedakan hal-hal mana yang paling menghasilkan, dan belajar mengatur waktu untuk itu. Ini tidak bisa dilakukan dalam semalam. Butuh waktu. Tapi percayalah, hasilnya tidak akan mengecewakan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar